Kerajinan dari Kertas Koran atau Majalah

06.34

Kerajinan: Hiasan berupa interior rumah

Alat dan Bahan:
1. Kertas majalah atau koran
2. Lem kertas
3. Tangkai untuk lem (optional)
4. Penggaris
5. Gunting
6. Tali
7. Karton tebal
8. Origami kecil (1 lembar)



Cara kerja:
1. Potong kertas menjadi 1/4 nya dan gulung masing-masing dengan diameter yang sama (lakukan berulang hingga jumlahnya memenuhi keinginan).
2. Gunting tinggi gulungan sesuai yang dibutuhkan.
3. Tempelkan antara satu gulungan kertas dengan yang lainnya secara perlahan dan berikan tenggang waktu pengeringan kurang lebih 5 menit.



4. Untuk membuat kursi dibutuhkan 12 gulungan kertas berukuran tinggi 1/4 kertas majalah, bagian pengangan tangan masing-masing dua gulungan ukuran 1/8 panjang kertas majalah, dan penopang kaki 4 gulungan ukuran disesuaikan. Tempelkan tali sebagai pegangan tangan dan hiasan pada bagian lainnya.

5. Untuk meja dibutuhkan kertas yang dilipat 4 kali lipatan dan ditempel di antara bagian ujung yang satu dan lainnya agar terlihat persegi panjang dan tebal serta ada celah di tengahnya. Untuk penopang bawah dibutuhkan 4 gulungan dan ukuran disesuaikan.

6. Untuk membuat vas bunga hanya dengan menggulung kertas majalah (ukuran disesuaikan) dan digunting bagian atasnya untuk memperindah lekukan.
7. Untuk dedaunan dibutuhkan kertas majalah yang terdapat nuansa hijau atau lebih baik yang terdapat gambar tanaman hijau. Lalu digunting dengan bentuk dedaunan, dan ditempel ke kertas origami yang digulung (warna yang disarankan: oranye, cokelat, merah tua).



8. Untuk lampu hanya diperlukan setidaknya satu halaman kertas majalah. Digulung memanjang sehingga membuat gulungan yang panjang untuk tangkai, kemudian cari kertas majalah yang memiliki warna atau gambar dengan corak menarik lalu gulungkan dengan diameter lebar sebagai lampu kertas. Setelah itu, tempelkan tangkainya ke lampu kertas dengan tambahan kertas di dalam lampu kertas agar dapat ditempelkan dengan tangkainya.



9. Lem bagian bawah setiap macam benda dan tempelkan ke karton yang sudah digunting (ukuran disesuaikan).
10. Hiasan bisa langsung dipajang atau ditaruh terlebih dahulu ke dalam kotak sepatu yang digunting bagian atas dan depannya serta memberikan hiasan terhadap kotak sepatu.

Hasil akhir:



Modal:
Kertas majalah: Rp500,00
Lem kertas: Rp1.500,00
Tali: Rp800,00
Origami kecil: Rp200,00
Karton tebal: Rp1.000,00
(Harga disesuaikan dengan banyak penggunaan)
Total modal: Rp4.000,00
Harga jual: Rp10.000,00
Laba: Rp6.000,00

You Might Also Like

0 komentar

SUBSCRIBE

Like us on Facebook